Incorporating with

Incorporating with

Indo Livestock Expo & Forum

Ini Fasilitas Modern Kapal Basarnas

27 November 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Fasilitas modern Kapal KN Wisnu 103 diharapkan dapat mengoptimalkan penyelenggaraan operasi SAR secara lebih efektif dan efisien.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kapal yang diresmikan pada 3 Maret 2020 adalah salah satu kapal yang dimiliki Basarnas yang dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR modern, diantaranya Remotely Operate Vehicle (ROV), Multibeam Echosaunder (MBES), Side Scan Sonar, dan System Dinamic Position Zero (SDPZ).

Tambak Udang Asal Cianjur Digenjot Demi Ekspor

19 Juni 2020

Cianjur - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo meninjau kawasan selatan Cianjur, Jawa Barat. Kementerian KKP ingin menggenjot produksi tambak udang supaya bisa dijual ke luar negeri.

Edhy menjelaskan, kebutuhan pasar dunia untuk udang mencapai 13 juta ton, sedangkan produksi udang Indonesia baru 830 ribu ton.

LIPI Lakukan Penelitian Model Revitalisasi Tambak Dipasena

03 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memaparkan hasil riset penelitian model revitalisasi terhadap tambak udang Dipasena yang telah berhenti beroperasi sejak tahun 2011.

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Agus Eko Nugroho mengatakan usaha penanganan pemerintah dengan pengalihan saham dan memperbaiki relasi plasma-inti dengan melibatkan beberapa perusahaan swasta gagal meningkatkan produktivitas Dipasena.

Dubes China Minta Indonesia Tingkatkan Ekspor Produk Perikanan

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian berharap ekspor perikanan ke negaranya bisa dioptimalkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Dia mengatakan setiap tahunnya China melakukan impor produk perikanan sebanyak 4 juta ton dari berbagai negara. Dari nilai tersebut, Indonesia baru mengekspor 200.000 ton produk perikanan atau 5% dari kuota impor perikanan negara tersebut.

Bangun Cold Storage di Natuna, Perinus Minta Kapal 512 GT Beroperasi

21 Januari 2020

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perikanan Nusantara (Persero) mendapat tugas untuk beroperasi di Natuna dengan membangun integrated cold storage (ICS) berkapasitas 250 ton di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) yang berada di Selat Lampa.

"Rencana kerja kami di Natuna, kami akan bangun ICS 250 ton," ujar Direktur Utama Perinus M. Yana Aditya dalam rapat bersama Komisi IV DPR, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Menteri Edhy Dorong Inovasi di Sektor Perikanan

03 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berharap adanya inovasi di sektor perikanan, termasuk untuk mendistribusikan ikan langsung ke rumah tangga.

"Ada dua kendalanya ikan sampai ke rumah tangga. Satu, bawa ikan secara logistik dan kedua, buat anak muda punya lapangan pekerjaan," ujarnya di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Selasa (3/11/2019).

Perum Perindo Ekspor Ikan Senilai US$65.142 ke Vietnam

Bisnis.com, JAKARTA — Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) kembali mengekspor produk perikanan, kali ini ke Vietnam.

Ekspor ikan senilai US$65.142 ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, Perindo mengekspor 8 ton ikan goldband snapper atau anggoli dan grouper atau kerapu. Adapun untuk tahap berikutnya Perum Perindo akan mengekspor 16 ton bahan baku yang sama.

Pacu Akuakultur, KKP Jaring Masukan Pembudidaya Perikanan

26 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kelautan dan Perikanan sedang menjaring masukan dari para pemangku kepentingan untuk mengkaji ulang berbagai regulasi di sektor perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkapkan, KKP tengah mengevaluasi berbagai aturan yang dipandang kurang menguntungkan bagi stakeholders. Menurutnya, hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar aturan-aturan yang berkaitan dengan investasi perlu dipemudah.

Usaha Pengolahan Ikan Genjot Pasar Lokal

03 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha pengolahan ikan berupaya memaksimalkan pasar lokal dengan menyediakan produk siap masak dan siap makan. Pada 2022 ditargetkan 10% komoditas ini diserap pasar.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Budhi Wibowo mengatakan semisal produk patin fillet berbumbu diharapkan pada tiga tahun mendatang, ceruk pasar lokal tergarap 5.000 ton per tahun.

Pemerintah Bertekad Percepat Pembangunan Industri Perikanan

Pemerintah bertekad mempercepat pembangunan industri perikanan dan kelautan untuk menjadi penggerak ekonomi tanah air. Diharapkan, dengan luas perairan yang mencapai 70 persen dari total wilayah Indonesia, kontribusi sektor perikanan dan kelautan dapat terus meningkat terhadap Produk Dometik Bruto (PDB) nasional yang kini hanya 30 persen.

Page 1 of 4

Supported by

  • aini.png
  • ap5i.png
  • apkin.png
  • ardi.png
  • asmd.png
  • asohi.png
  • fmpi.png
  • g7.png
  • gksi.png
  • gopan.png
  • gpmt.png
  • gppu.png
  • himakindo.png
  • himpuli.png
  • ieca.png
  • ispi.png
  • kemendag.png
  • kemenperin.png
  • kkp.png
  • mai.png

MEDIA PARTNERS

Official Local Publication        
       


Supporting Publications

 

 

Show Information

Date & Venue:   
23 - 25 June 2021
Jakarta Convention Center, Jakarta - Indonesia

Visiting hours:    
10.00am - 6.00pm ( 23 June 2021 )
10.00am - 6.00pm ( 24 June 2021 )
10.00am - 5.30pm ( 25 June 2021 )

Official Legal Partner

© 2020 Indo Fisheries Expo & Forum organised by PT Napindo Media Ashatama